,

Tutorial Proforma Invoice, Fitur Baru di Easy Ultimate

Software akuntansi Easy System kini telah merilis sebuah varian baru bernama Easy Ultimate. Dalam varian ini terdapat beberapa fitur baru seperti Proforma Invoice, Dark Mode, dan barang grouping di pembiayaan pesanan. Dan di kesempatan kali ini akan kami bahas tutorial proforma invoice.

Definisi Proforma Invoice

Pertama, akan kita bahas dulu apa itu proforma invoice atau faktur sementara. Definisi proforma invoice adalah form yang dijadikan oleh customer sebagai bahan acuan atau pertimbangan sebelum dilakukannya pengiriman barang dan juga faktur penjualan. Di faktur sementara ini tidak menghasilkan jurnal dan tidak mengurangi stok kita karena sifatnya masih sementara, sebelum dilakukan pengiriman barang dan faktur penjualan.

Untuk membuat faktur sementara, pengguna Easy System bisa membuka modul penjualan. Faktur sementara letaknya sebelum pengiriman barang dan faktur penjualan.

Tutorial Proforma Invoice

1. Pertama buat Pesanan Penjualan terlebih dulu. Klik Pesanan Penjualan kemudian pilih Pelanggan kemudian tambahkan barang. Isi Kuantitas dan Harga Satuan, terakhir klik Simpan dan Keluar.

2. Klik Faktur Sementara atau Proforma Invoice.

3. Pada form Faktur Sementara, pilih Pelanggan yang tadi digunakan dan akan muncul notifikasi bahwa ‘pelanggan memiliki pesanan penjualan, apakah Anda ingin menggunakan barang tersebut?’, klik Yes.

4. Akan muncul pesanan penjualan yang dimiliki oleh pelanggan tersebut. Ceklis satu pesanan yang akan dibuat faktur sementara lalu klik Ya.

5. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Jika ingin mengirim print out ke pelanggan bisa klik Pratinjau.

6. Seperti ini hasil print out-nya.

7. Selanjutnya pastikan Anda menyimpan faktur sementara tersebut dengan klik Simpan dan Keluar.

8. Dari Proforma Invoice tersebut bisa dilanjutkan ke Pengiriman Barang atau Faktur Penjualan. Contoh berikut adalah saat dilanjutkan ke Pengiriman Barang, caranya klik Pengiriman Barang kemudian pilih pelanggan yang tadi dipakai. Selanjutnya klik segitiga kecil di samping kanan kolom pelanggan, akan muncul 2 pilihan yaitu Pesanan dan Proforma, pilih Proforma.

9. Akan muncul notifikasi bahwa pelanggan mempunyai faktur sementara, klik Yes untuk memakai barangnya.

10. Pilih Proforma Invoice yang akan digunakan dengan memberi tanda centang di kolom kemudian klik Ya.

11. Otomatis barangnya akan muncul dengan kuantitas kuantitas dan harga yang sama seperti yang ada di Pesanan Penjualan dan Faktur Sementara tadi, terakhir klik Simpan dan Keluar.

Demikian tutorial proforma invoice sampai ke pengiriman barang, semoga dapat membantu untuk semua pengguna Easy System. Untuk versi video dari tutorial ini bisa dilihat di bagian paling akhir artikel ini. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang varian Easy Ultimate atau Easy Cloud, silakan langsung hubungi tim marketing kami di nomor (021) 225 451 83 atau 0838 7717 7119.