Tutorial Mudah Membuat Permintaan Pembelian di Easy Cloud

Di artikel kali ini  kami akan mengajak Anda mempelajari lebih jauh tentang permintaan pembelian di Easy Cloud. Membuat permintaan pembelian merupakan salah satu operasi dasar dalam akuntansi. Proses akuntansi ini terjadi saat suatu departemen membutuhkan pembelian suatu barang.

Dalam software akuntansi, proses ini sangatlah krusial. Di Easy Accounting System, permintaan pembelian dapat dilakukan dengan mudah dan simpel. Tetapi sebelum menuju ke cara melakukannya, ada baiknya Anda memahami definisinya terlebih dulu.

Definisi permintaan pembelian adalah dokumen resmi yang digunakan saat seseorang akan membeli suatu barang/jasa atas nama perusahaan tempatnya bekerja. Dokumen ini menginformasikan kepada manajer atau bagian purchasing dapat memulai proses pembelian barang/jasa yang diminta. Adapun fungsi dari purchase requirement ini antara lain:

1. Mengawali proses pembelian barang/jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Bisa digunakan untuk mengontrol barang yang dibeli agar tidak terjadi fraud.

Nah, setelah tahu apa pengertian dan tujuannya, mari kita langsungpelajari proses permintaan pembelian di Easy Cloud.

Cara Melakukan Permintaan Pembelian di Easy Cloud

1. Login ke Easy Cloud kemudian klik Jalan Pintas untuk mengakses menu utama. Klik modul Pembelian kemudian klik Permintaan Pembelian.

2. Setelah masuk ke form permintaan pembelian, dobel klik di kolom No. Barang untuk memilih barang apa saja yang akan diorder.

membuat permintaan pembelian - langkah 1

3. Akan muncul daftar barang, silakan pilih barang yang diinginkan, di Easy Cloud pengguna bisa langsung memilih banyak barang dengan cara menceklis beberapa barang sekaligus. Setelah semua barang yang diinginkan diceklis klik Simpan.

membuat permintaan pembelian - langkah 2

4. Barang yang tadi dipilih akan muncul semuanya di form permintaan pembelian. Selanjutnya tentukan berapa jumlah barangnya dengan mengisi di kolom Kts. Terakhir simpanlah transaksi tersebut dengan klik Simpan.

membuat permintaan pembelian - langkah 3

5. Transaksi yang baru saja dibuat sudah tersimpan dan akan muncul di daftar permintaan pembelian seperti pada contoh di bawah ini.

membuat permintaan pembelian - langkah 4

Demikianlah rangkaian saat membuat permintaan pembelian di aplikasi Easy Cloud. Meskipun prosesnya mudah, Anda semua tetap harus teliti dan jangan sampai terjadi salah ketik maupun salah input.

Ada banyak tutorial lain yang bisa Anda baca dan pelajari di situs ini. Mulai dari cara membuat database, registrasi, hingga cara melakukan transaksi berulang. Kami juga memiliki channel youtube yang berisi info maupun tutorial seputar Easy Accounting System. Anda tinggal ketik Easy Accounting System di kolom search youtube dan Anda akan menemukan channel kami. Sekian tutorial singkat nan informatif dari kami. Sampai jumpa di tip cerdas dari solusieasy.co.id yang lainnya.