Tutorial Easy 6: Membuat Uang Muka Penjualan Via Faktur Penjualan

Berjumpa lagi di artikel tutorial dari situs support Easy, di mana situs ini adalah penyedia informasi, tip, dan trik seputar software akuntansi Easy Accounting System yang paling lengkap. Seperti biasa, kami akan memberikan tutorial mengenai produk Easy Accounting System baik Easy 6, Easy Cloud atau Easy Mobile. Di dalam artikel tutorial ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah untuk membuat uang muka penjualan melalui faktur penjualan. Mari langsung saja kita mulai ke cara-cara untuk membuatnya.

  1. Langkah pertama menuju ke Jalan Pintas lalu klik modul Penjualan kemudian pilih Faktur Penjualan.

2. Klik Pelanggan lalu pilih nama yang akan digunakan, jangan lupa isi No. Faktur di kolom yang telah disediakan. Klik dua kali di No. Barang lalu cari dan pilih Uang Muka, setelah itu isi nominal uang mukanya di kolom Harga Satuan. Terakhir klik Terima Pembayaran untuk melunasi DP tersebut.

3. Pastikan bahwa di kolom Bayar sudah terceklis lalu klik Simpan dan Keluar.

4. Selanjutnya kita buat faktur penjualan lagi untuk barangnya, caranya sama seperti di langkah pertama. Pilih pelanggannya lalu isi kolom No. Faktur dan dobel klik No. Barang untuk memilih item yang akan dijual. Di tab yang ditunjukkan angka 4 ganti pilihan dari Pesanan ke Uang Muka. Otomatis akan muncul list DP yang kita miliki, pilih yang akan dipakai dengan menceklis kolom yang di sebelah kiri, jika sudah klik Ya.

5. Bisa dilihat bahwa DP yang tadi kita buat sudah masuk ke faktur penjualan barangnya, lanjutkan dengan klik Terima Pembayaran.

6. Pastikan bahwa kolom bayar sudah diceklis dan bisa dilihat bahwa total pembayarannya sudah otomatis terpotong nilai uang muka yang kita buat tadi, terakhir pastikan klik Simpan dan Keluar.

Oke, demikian langkah untuk membuat uang muka penjualan via faktur penjualan. Meskipun prosesnya mudah, Anda semua tetap harus teliti dan jangan sampai terjadi salah ketik nominal maupun salah input.

Ada banyak tutorial lain yang bisa Anda baca dan pelajari di situs ini. Mulai dari cara membuat database, registrasi, hingga cara melakukan transaksi berulang. Kami juga memiliki channel youtube yang berisi info maupun tutorial seputar Easy Accounting System. Anda tinggal ketik Easy Accounting System di kolom search youtube dan Anda akan menemukan channel kami. Sekian tutorial singkat nan informatif dari kami. Sampai jumpa di tip cerdas dari web support Easy Accounting System yang lainnya.