Mengatasi Internal Firebird Consistency check

 

Tutorial EASY: Diagnosa Database Easy Accounting System

Solusieasy.co.id adalah situs resmi dari software Easy Accounting System. Situs ini berisi tutorial, tip, dan trik seputar pemakaian software akuntansi EASY. Dan di artikel ini akan dibahas sebuah tutorial mengenai cara diagnosa database Easy Accounting System.

Dan seperti biasa, pada tutorial ini akan diberikan langkah-langkah mudah disertai gambar yang akan mempermudah pengguna EASY. Penasaran bagaimana cara untuk diagnosa database EASY 5? Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, mari langsung menuju pembahasannya.

Diagnosa Database Easy Accounting System

1. Langkah pertama, buka software akuntansi Easy Accounting System, kemudian klik Diagnosa Database.

2. Pilih “Dari Komputer Lokal” jika posisi database ada di penyimpanan komputer. Pilih “Dari Komputer Lain” jika database ada di komputer lain atau jika database di komputer server. Kita juga perlu mengetahui Nomor IP komputer server agar dapat menyambungkan data ke satabase yang didiagnosa. Terakhir, klik “OK”.

Berikut adalah contoh gambar jika dari komputer lokal:

Berikut adalah contoh jika dari komputer lain:

3. Tunggu sampai proses Validasi Data Selesai, setelah itu, pilih kolom “Maintenance Database”, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Validasi file database.

Proses cek database.

4. Kemudian mulai proses diagnosa database, pilih “Diagnosa Database” dan ceklis (v) “Otomatis Lakukan Repair”, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.

Catatan: Jika ditemukan masalah maka akan otomatis melakukan repair pada saat proses diagnosa. Setelah proses 100% selesai, masuk ke folder database perusahaan, cari file “NAMADATABASE_REPAIR.EASY5”. Rename data tersebut sesuai dengan data base perusahaan (jangan lupa terlebih dahulu simpan database lama di folder yang berbeda).

Demikian cara untuk melakukan diagnosa database di software akuntansi Easy Accounting System. Semoga bisa membantu Anda semua yang memakai software EASY. Selain tutorial ini, masih banyak tutorial lain seputar Easy Accounting yang bisa Anda baca dan pelajari. Mulai dari cara instal hingga cara impor transaksi tersedia di situs ini.

Jika ingin melihat tutorial dalam bentuk video, silakan kunjungi channel YouTube Easy Accounting System. Anda juga bisa request video tutorial dengan cara mengetikkan request di kolom komentar.

Sekian tutorial dari kami, sampai bertemu di tutorial lainnya.

Cara Mengatasi Eror Template EASY 5

Berjumpa lagi dengan tip, trik, dan tutorial dari solusieasy.co.id. Sama seperti sebelumnya, kami akan memberikan sebuah tutorial mudah seputar Easy Accounting System. Yang akan dibahas kali ini adalah mengenai cara mengatasi eror template EASY 5.

Eror template EASY 5 jarang terjadi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda belajar cara mengatasinya. Jadi, ketika Anda mengalami eror ini Anda bisa langsung mengatasinya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara mudah untuk mengatasinya.

Langkah Mudah Mengatasi Eror Template EASY 5

Umumnya, dari kebanyayakan error yang terjadi penyebabnya adalah karena kesalahan saat melakukan desain manual template. Untuk contoh dalam tutorial ini kami akan mengatasi eror pada Penerimaan Barang. Notifikasi pada gambar di bawah ini adalah eror terkait dengan footer.

Template Easy 5 - Eror Footer

Jika terjadi eror seperti gambar di atas, berikut ini adalah langkah untuk mengatasinya:

1. Buka software Easy Accounting System lalu klik Laporan dan pilih Rancangan Formulir.

Template Easy 5 - Langkah Perbaiki Eror 1

2. Setelah masuk di Rancangan Formulir, pilih Penerimaan Barang. Jika masih terjadi eror akan muncul notifikasi, klik OK lalu klik 2 kali pada area kosong tampilan preview.

Template Easy 5 - Langkah Perbaiki Eror 2

3. Pilih Desain Manual yang terdapat di bagian bawah.

Template Easy 5 - Langkah Perbaiki Eror 3

4. Pada isian Rancangan Template akan dijumpai 2 master footer. Klik 2 kali MasterFooter2 lalu klik Delete, klik Save, dan terakhir Close.

Template Easy 5 - Langkah Perbaiki Eror 4

5. Klik OK.

Template Easy 5 - Langkah Perbaiki Eror 5

6. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Hal itu berarti Desain Template Penerimaan Barang sudah dapat Anda gunakan.

Template Easy 5 - Langkah Perbaiki Eror 6

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka eror template EASY 5 sudah bisa teratasi. Kunjungi terus website ini untuk selalu mendapat informasi terbaru seputar tip dan trik software Easy Accounting System. Sebab, kami akan selalu memberikan Anda konten tutorial yang bermutu dan pastinya mudah dipraktikkan.

Tidak hanya sekadar membaca saja, Anda juga bisa berinteraksi dengan tim kami dan meminta tutorial Easy Accounting System. Caranya sangat mudah, Anda tinggal melakukan request tutorial dengan cara mengetik di kolom komentar.

Sampai jumpa di tutorial Easy Accounting System yang lainnya!