Cara Akses Easy Accounting System dengan Remote Desktop
Pada kesempatan kali ini, solusiEASY akan menjelaskan sebuah tutorial. Tutorial tersebut adalah cara akses Easy Accounting System yang beda jaringan dengan bantuan aplikasi Remote Desktop yang ada pada Windows. Penasaran bagaimana caranya? Simak pembahasannya di artikel ini.
Sebelum menuju ke tutorial, akan dijelaskan fungsi dari tutorial ini. Dengan Remote Desktop ini pengguna Easy Accounting System bisa selalu mengakses database. Cara ini sangat memudahkan bagi perusahaan yang memiliki beberapa cabang di berbagai kota.
Mengakses database Easy Accounting System melalui Remote Desktop punya beberapa kelebihan, di antaranya:
1. Langkah ini tidak membutuhkan bandwidth internet yang besar.
2. Lebih cepat saat mengakses Easy Accounting System dan database pusat.
3. Jika koneksi terputus pengguna tidak perlu khawatir, tinggal login ulang dan dapat kembali melanjutkan aktivitas yang sempat tertunda.
4. Data input langsung secara real time, karena cara ini benar-benar membuat Anda mengakses komputer server secara langsung.
Sebelum ke langkah-langkahnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna:
1. Harus berada dalam 1 jaringan yang sama atau IP Server telah teropen secara public (IP Public).
2. Akses Remote Desktop di server wajib diaktifkan.
3. Harus mengetahui user dan password yang ada di server.
Akses Easy Accounting System dengan Remote Desktop
1. Aktifkan remote desktop di Windows, caranya:
a. Masuk Settings lalu di kolom search ketikkan remote lalu pilih Remote Desktop settings (untuk Windows 10).
b. Klik Start lalu sorot This PC/Computer kemudian klik kanan lalu pilih Properties, setelah itu pilih Remote Settings (untuk Windows 7).
2. Pada kolom Remote Desktop geser tombol Enable ke kanan, lalu klik Confirm (Windows 10).
3. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pengguna EASY harus mengetahui IP yang tertanam di server yang baru saja disetting tadi. Caranya: Klik tombol start > lalu ketikkan “CMD” > lalu enter.
4. Ketikkan “ipconfig” seperti gambar di bawah ini, lalu perhatikan dan catat yang angka yang ada di IPv4 Address. Sampai di tahap ini cara untu setting Remote Desktop pada komputer server telah selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah remote desktop melalui client dengan menggunakan jaringan yang sama.
Langkah-langkah di Komputer Client
Pada computer Client tahap pertama yang harus dilakukan untuk melakukan remote desktop ke server adalah sebagai berikut:
1. Klik Tombol Start/Windows yang ada di bagian pojok kiri bawah, lalu ketikkan kata “Remote Desktop Connection” lalu enter.
2. Klik Show Options.
3. Lalu masukkan IP Server, dan User name ketika login di komputer server tersebut.
4. Setelah memasukkan password, akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik Yes untuk mengakhiri proses ini.
Begitulah cara untuk mengaktifkan remote desktop, semoga bisa berguna untuk Anda semua. Selalu simak dan ikuti website ini untuk mendapatkan tip dan trik seputar Easy Accounting System. Sebab, di dalam website ini terdapat beragam artikel, mulai dari cara instal hingga flow transaksi di perusahaan.
Selain dalam bentuk artikel, Easy Accounting juga menyediakan tutorial dalam bentuk video. Silakan kunjungi dan subscribe channel resmi Easy Accounting System di YouTube. Di channel tersebut Anda juga bisa request video tutorial dengan mengetikkan request di kolom komentar.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!