,

Tutorial Pengelompokan Barang di Pembiayaan Pesanan

Bulan April 2021 menandai dirilisnya sebuah varian terbaru dari Easy System yaitu Easy Ultimate. Dalam varian terbaru ini ada fitur-fitur unggulan baru untuk pengguna yaitu Proforma Invoice/Faktur Sementara, Grouping Job Costing/Pengelompokan di Pembiayaan Pesanan, dan Dark Mode. Setelah di artikel sebelumnya membahas proforma invoice, kali ini akan kami bahas mengenai tutorial pengelompokan barang di pembiayaan pesanan.

Apa fungsi dari fitur grouping di pembiayaan pesanan? Dengan adanya fitur ini akan sangat memudahkan apabila barang yang diinput di jobcosting banyak dan dilakukan berulang ulang dengan barang yang sama, seperti formula produk atau Bill of Material (BOM).

Langkah Melakukan Pengelompokan Barang di Job Costing

1. Pertama, pastikan Anda sudah punya barang grouping. Jika belum buat dulu dengan cara klik modul persediaan lalu pilih Pengelompokan Barang.

2. Isi Deskripsi terlebih dulu lalu pilih barang apa saja yang akan dimasukkan ke grouping kemudian isi kuantitas dari masing-masing barang.

3. Kembali ke modul persediaan kemudian klik pembiayaan pesanan.

4. Isi terlebih dulu kolom deskripsinya baru klik di no. barang dan akan muncul daftar barang, lalu pilih pengelompokan barang yang tadi dibuat.

5. Setelah itu isi kuantitas contohnya 2, lalu klik Ok.

6. Karena tadi kita mengisi kuantitasnya dengan 2, maka otomatis kuantitas masing-masing barang akan dikalikan dengan 2. Jadi, kuantitas masing-masing barang akan menjadi 4, 6, dan 8 seperti pada contoh gambar di bawah ini. Terakhir jangan lupa klik Simpan dan Keluar.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda sudah berhasil melakukan grouping di jobcosting. Selain tutorial pengelompokan barang ini, masih banyak tip dan trik seputar Easy System yang bisa dibaca di situs ini. Mulai dari cara instal, database, hingga impor transaksi dari Excel tersedia lengkap di sini. Jadi, kami sarankan Anda untuk terus membaca situs ini.

Tidak hanya sekadar membaca saja, Anda juga bisa melakukan request tutorial seputar software Easy Accounting System. Caranya sangat mudah, cukup ketik tutorial yang Anda inginkan di kolom komentar. Tim kami akan merespon request tutorial tersebut.

Bagi Anda yang belum menggunakan Easy Accounting System, silakan kunjungi situs resmi kami di easyaccountingsystem.co.id. Di situs tersebut tersedia beragam info produk dari Easy System seperti Easy 6, Easy Mobile, dan Easy Cloud. Jangan ragu untuk memakai Easy Accounting System, sebab software ini telah terbukti handal dan kaya fitur inovatif. Sekian tip dan trik dari kami, sampai bertemu lagi di tutorial Easy lainnya.