Tutorial Lengkap Membuat Departemen Easy Cloud

Halo semua pengguna Easy, kali ini kami kembali akan memberikan tip dan trik seputar software akuntansi Easy System, tepatnya Easy Cloud. Easy Cloud sebagai cloud accounting baru yang user friendly punya banyak fitur dan modul yang bisa mendukung usaha Anda. Kali ini kami akan memberikan sebuah tutorial yang pastinya mudah untuk Anda terapkan yaitu cara membuat departemen Easy Cloud.

Kami akan memberikan tutorial tersebut dengan penjelasan yang simpel. Dilengkapi dengan gambar yang semakin mempermudah Anda untuk mempraktikkannya secara langsung. Jadi, silakan baca dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Buat Departemen di Easy Cloud

  1. Sebelumnya kita pastikan terlebih dulu bahwa plugin departemen dan proyek di Easy Cloud sudah terpasang. Cara ceknya sebagai berikut, klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin, kita lihat apakah Departemen dan Proyek sudah terpasang belum, jika belum maka langsung klik tombol Pasang yang ada di bawahnya lalu klik Kembali.

2. Setelah memastikan plugin tersebut sudah terpasang kita pastikan juga bahwa plugin tersebut sudah kita aktifkan fiturnya. Bagaimana cara mengeceknya? Kita klik Preferensi kemudian kita pilih Fitur, di sana ada berbagai fitur yang bisa kita pilih, pastikan kolom Departemen sudah dicentang, jika sudah klik Simpan.

3. Kita buat sebuah departemen baru, caranya klik Master Data lalu pilih Departemen. Setelah masuk ke daftar departemen kita ke sebelah kiri bawah dan klik tombol Baru, lalu kita isi No. Departemen, Nama Departemen, Nama Kontak, dan Deskripsi. Jika sudah diisi semua jangan lupa klik Simpan.

4. Selanjutnya kita buat satu transaksi memakai departemen, misalnya di faktur penjualan. Kita pilih faktur penjualan kemudian kita isi Pelanggan No. Faktur dan pilih barang yang akan dijual. Setelah barang diisi kuantitasnya, jangan lupa di kolom Departemen kita isi dengan yang sudah kita buat tadi, jika sudah klik Simpan.

5. Untuk melihat laporan laba rugi per departemen kita klik Laporan lalu pilih Semua Laporan klik Laporan Departemen dan kita cari laporan Laba Rugi per Departemen. Kita atur filternya, pilih periode dan nama departemen yang tadi, maka akan muncul laporan seperti di gambar berikut ini.

Demikian adalah cara untuk membuat departemen di Easy Cloud, semoga bisa membantu Anda semua. Kami juga punya versi video dari tutorial ini. Untuk melihatnya silakan langsung ke channel YouTube Easy Accounting System. Sekian tutorial dari kami dan jangan lupa untuk terus baca situs ini.

Tutorial Lengkap Impor Faktur Penjualan Easy Cloud

Teman-teman semua kami punya sebuah kabar gembira yang datang dari aplikasi akuntansi berbasis online Easy Cloud. Kini fitur unggulan impor transaksi dari Excel di dalam Easy Cloud kembali bertambah dan sudah dapat dipakai oleh pengguna. Terbaru adalah fitur impor transaksi di dalam modul penjualan yaitu impor faktur penjualan Easy Cloud.

Para pembaca tentu ingin tahu apakah fungsi dari fitur paling baru yang ditambahkan di dalam Easy Cloud. Secara garis besar, fitur impor faktur penjualan berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan ratusan bahkan ribuan data invoice penjualan ke dalam Easy Cloud tanpa perlu input secara manual satu per satu. Jadi, selain bisa meringankan beban pekerjaan, fitur ini bisa menyingkat waktu pekerjaan agar lebih efektif dan produktif.

Cara Impor Faktur Penjualan di Easy Cloud

  1. Sebelum memulai, pastikan terlebih dulu bahwa kita sudah memiliki add on impor faktur penjualan. Caranya klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.

2. Selanjutnya kita akan masuk ke dalam daftar plugin Easy Cloud, di sini teman-teman bisa melihat semua plugin yang bisa dipilih dan diinstal. Baik, kita cari plugin Impor Faktur Penjualan dengan scroll ke bawah. Jika sudah ketemu kita bisa klik Pasang.

3. Teman-teman akan otomatis masuk ke halaman detail dari impor faktur penjualan yang berisi ringkasan dari fitur ini. Langkah berikutnya adalah kita klik Pasang.

4. Pastikan bahwa plugin tersebut sudah terpasang dengan keluar lalu masuk lagi ke akun Easy Cloud. Teman-teman bisa cek bahwa plugin tersebut sudah terpasang dengan klik Import Transaksi lalu sorot ke Penjualan kemudian pilih Import Faktur Penjualan.

5. Nah, teman-teman sudah berada di menu fitur impornya. Selanjutnya kita klik Import Data kemudian cari di mana lokas file Excel yang akan diimpor, jika sudah ketemu bisa diklik filenya kemudian bisa klik Open.

6. Data di dalam file Excel akan muncul di dalam Easy Cloud, tetapi perlu teman-teman ingat bahwa data ini belum tersimpan. Untuk menyimpannya kita harus klik tombol Simpan & Keluar terlebih dulu.

7. Setelah itu, proses impor akan berjalan dengan cepat dan akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah. Bisa dilihat bahwa data yang diimpor semuanya sukses tidak ada yang gagal. Lalu, bagaimana jika ada yang gagal? Teman-teman bisa menngeser file tersebut ke kiri dan menemukan kesalahan apa yang menyebabkan gagal. Perbaiki error tersebut di file Excel kemudian ulangi langkah impor ini dari awal.

Demikianlah urutan untuk membuat impor faktur penjualan Easy Cloud. Semoga tutorial ini dapat membantu teman-teman semua. Jika ingin tahu info maupun penawaran terbaik tentang aplikasi akuntansi berbasis web ini silakan kunjungi www.easycloud.co.id.

Tutorial Lengkap Impor Faktur Pembelian Easy Cloud

Software akuntansi Easy System kembali akan memberikan sebuah tip untuk semua pengguna. Dalam artikel kali ini akan dibahas sebuah tutorial yang berhubungan dengan aplikasi akuntansi berbasis online kami yaitu Easy Cloud. Secara khusus kami akan membahas tentang proses impor faktur pembelian Easy Cloud.

Fitur ini sangat berguna dan bermanfaat, sebab pengguna tidak perlu bekerja dua kali. Pengguna tidak perlu melakukan input secara manual, cukup dengan beberapa langkah saja data faktur pembelian dari Excel bisa langsung masuk ke dalam sistem Easy Cloud. Teman-teman ingin tahu bagaimana caranya? Mari langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Impor Faktur Pembelian di Easy Cloud

  1. Untuk memulai proses ini kita perlu pastikan bahwa add on/pluginnya telah terpasang, untuk mengetahuinya klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.
Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 1

2. Teman-teman akan masuk ke halaman daftar add on atau plugin yang dimiliki oleh Easy Cloud, kita scroll ke bawah untuk mencari plugin Import Faktur Pembelian, jika sudah ketemu bisa klik Pasang.

Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 2

3. Otomatis teman-teman akan masuk ke halaman detail dari plugin tersebut yang berisi harga berlangganan beserta fungsi pluginnya, setelah itu pastikan klik tombol Pasang.

Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 3

4. Untuk memastikan bahwa plugin terpasang kita harus log out lalu log in lagi. Setelah itu bisa cek dengan klik Import Transaksi kemudian pilih Pembelian dan ternyata di situ sudah ada Import Faktur Pembelian untuk dipilih.

Impor Faktur Pembelian Easy Cloud - 4

5. Oke, lanjut ke proses impornya. Kita awali dengan klik tombol Impor Data kemudian cari di mana lokasi file Excel faktur pembelian yang akan diimpor. Jika sudah ketemu pilih dan klik file tersebut lalu klik tombol Open.

6. File yang tadi kita pilih akan muncul di dalam Easy Cloud. Tetapi data tersebut belum sepenuhnya masuk, kita harus klik Simpan & Keluar terlebih dulu.

7. Easy Cloud akan dengan cepat memproses file tersebut dan akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah jika sudah selesai. Bisa dilihat bahwa data yang diimpor semuanya sukses tidak ada yang gagal. Jika ada yang gagal bisa dilihat keterangannya dengan menggeser ke kiri untuk melihat penyebabnya untuk kemudian diperbaiki.

Setelah melakukan langkah-langkah pada tutorial di atas teman-teman pasti sudah bisa membuat impor faktur pembelian Easy Cloud. Selain artikel ini, masih banyak artikel dan tutorial seputar software akuntansi yang bisa dibaca di dalam situs ini. Jadi, kami sarankan teman-teman untuk selalu mengikuti situs ini untuk mendapatkan info terbaru seputar Easy Cloud.

Teman-teman juga bisa melihat video tutorial dari fitur ini dan fitur lainnya di channel YouTube resmi Easy System. Jangan lupa untuk subscribe channel tersebut agar tidak ketinggalan video-video terbaru. Teman-teman juga bisa meminta video tutorial tertentu seputar Easy Cloud. Caranya mudah, cukup ketikkan request di kolom komentar.

Terakhir, jangan lupa untuk mengunjungi www.easycloud.co.id, di sana terdapat beragam info mengenai aplikasi akuntansi Easy Cloud. Mulai informasi harga, fitur, hingga promosi bisa dibaca di dalam website tersebut. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel dan tutorial lainnya.

,

Tutorial Lengkap Impor Penerimaan Barang Easy Cloud

Hai teman-teman dan seluruh pengguna software akuntansi

Langkah Membuat Impor Penerimaan Barang di Easy Cloud

  1. Langkah paling awal adalah kita pastikan bahwa plugin impor penerimaan barangnya sudah terpasang, caranya dengan klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.

2. Teman-teman akan masuk ke dalam daftar plugin yang dimiliki oleh Easy Cloud. Oke, sekarang kita cari di mana plugin penerimaan barang dengan scroll ke bawah, jika sudah ketemu bisa langsung klik tombol Pasang.

3. Teman-teman akan masuk ke halaman detail dari plugin tersebut yang berisi detail dan fungsinya, kita klik tombol Pasang.

4. Kita log out dulu lalu login ulang untuk memastikan plugin tersebut, setelah itu kita klik Import Transaksi lalu pilih Pembelian kemudian klik Import Penerimaan Barang.

5. Klik Import Data kemudian cari di mana file Excel yang akan diimpor disimpan, jika sudah ketemu filenya bisa diklik kemudian klik Open.

6. Akan muncul data yang akan kita masukkan dari file Excel, namun data ini belum sepenuhnya masuk kita perlu untuk klik Simpan & Keluar terlebih dahulu.

7. Nah, data yang kita impor sudah sepenuhnya masuk ke Easy Cloud dan semuanya sukses tidak ada yang gagal. Jika ada yang gagal bisa dicari penyebabnya dengan menggeser filenya ke sebelah kiri, setelah itu perbaiki kesalahannya agar bisa diimpor dan sukses.

Dengan melakukan langkah mudah di atas proses membuat impor penerimaan barang Easy Cloud telah selesai. Tidak hanya fitur ini saja yang mudah dibuat, semua fitur dan modul di Easy Cloud pastinya user friendly. Jadi, mudah digunakan oleh semua orang, bahkan yang masih awam dengan akuntansi.

Selalu ikuti update terbaru dari kami dan baca artikel-artikel lain di sini. Ada banyak artikel informatif untuk Anda pengguna software Easy System. Tutorial instal, impor transaksi dari Excel, recurring, dan multi cabang lengkap tersedia dalam situs ini.

Teman-teman juga bisa meminta suatu tutorial kepada kami. Caranya juga sangat mudah, cukup ketikkan request tutorial di kolom komentar. Tim kami akan segera meresponnya dan membuat tutorial tersebut. Jika ingin info lengkap tentang aplikasi ini silakan langsung kunjungi www.easycloud.co.id. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel lainnya.

,

Tutorial Komplet Membuat Penyesuaian Barang Easy Cloud

Dalam artikel kali ini kami akan mengajak semua user Easy untuk belajar lebih banyak tentang fitur yang ada di Easy Cloud. Yang akan kami bahas adalah tentang cara membuat penyesuaian barang Easy Cloud. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengurangan atau penambahan stok persediaan bila terjadi selisih antara stok dalam sistem dan stok yang ada di gudang (Penyesuaian). Untuk membuatnya, mari langsung baca urutan langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Penyesuaian Barang Easy Cloud

  1. Tahap paling awal untuk membuat penyesuaian adalah dengan klik Jalan Pintas lalu klik tab Persediaan. Setelah itu, kita klik Penyesuaian Barang.
penyesuaian barang Easy Cloud - 1

2. Cari dan pilih akun yang akan dipakai di Akun Penyesuaian, misalnya kita pakai akun HPP Barang Rusak. Lalu dobel klik di kolom No. Barang untuk memilih barang yang akan disesuaikan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 2

3. Kita cari dan pilih barangnya misalnya Stang BMX, ceklis barang tersebut lalu klik Simpan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 3

4. Di sini kita akan menyesuaikan jumlah barang yang berkurang, maka kita isi kolom Kts Baru misalnya barang berkurang karena ada yang rusak 1, maka kita input 49. Kita bisa isi kolom Deskripsi dengan Rusak 1, terakhir kita klik Simpan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 4

5. Penyesuaian di atas telah tersimpan dan bisa dibuktikan dengan melihatnya di Modul Utama > Persediaan > Barang. Lalu kita cari barang yang disesuaikan tadi, bisa dilihat di bawah ini bahwa Stang BMX jumlahnya 49 Pcs seperti yang tadi kita sesuaikan.

penyesuaian barang Easy Cloud - 5

6. Langkah tadi adalah untuk penyesuaian yang barangnya berkurang. Jika ingin membuat penyesuaian yang barangnya bertambah caranya seperti ini. Kita pilih akun yang akan dipakai di kolom Akun Penyesuaian, misalnya HPP Lain-lain. Pastikan untuk ceklis di kolom Nilai Penyesuaian, lalu dobel klik No. Barang.

7. Kita cari dan pilih barang yang akan disesuaikan misalnya Carbon Fiber 420mm lalu klik Simpan.

8. Isi Kts Baru misalnya ternyata jumlahnya ada 3 maka kita isi 3 kolom tersebut. Jika perlu isi Deskripsi, misalnya selisih barang stok kemudian klik Simpan.

9. Kita buktikan apakah penyesuian tersebut sudah berhasil, kita lihat daftar barangnya. Bisa kita lihat di bawah, jumlah Carbon Fiber 420mm adalah 3 meter.

Demikianlah langkah pembuatan penyesuaian barang Easy Cloud. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Anda masih bisa membaca banyak tutorial lain di situs ini seperti cara import transaksi, pembatasan akun, dan banyak artikel lainnya. Jangan lupa segera coba dan kunjungi www.easycloud.co.id dan dapatkan free trial selama 30 hari. Sekian dulu artikel dari kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

,

Tutorial Impor Pesanan Pembelian Easy Cloud

Sebuah tutorial akan kembali kami berikan untuk teman-teman pengguna software akuntansi Easy System khususnya Easy Cloud. Yang akan dibahas kali ini adalah salah satu fitur andalan di Easy Cloud yaitu impor pesanan pembelian. Bagi teman-teman yang ingin tahu cara membuat impor pesanan pembelian Easy Cloud tidak perlu khawatir karena caranya sangatlah mudah dan hanya butuh beberapa langkah saja, mari baca langkahnya di bawah ini.

Namun, ebelum ke langkahnya, kita bahas dulu apa sih fungsi dari fitur ini? Impor ini mempunyai fungsi untuk memasukkan banyak data pembelian dari format Excel ke dalam sistem dengan cepat. Kira-kira seperti itulah fungsinya, baiklah langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk membuatnya.

Langkah Impor Pesanan Pembelian Easy Cloud

  1. Tahap paling awal yang harus teman-teman lakukan adalah memastikan bahwa plugin dari fiturnya telah terpasang dan aktif, caranya klik Alat Bantu kemudian pilih Plugin.
Impor Pesanan Pembelian Easy Cloud 
 - langkah 1

2. Selanjutnya kita akan masuk ke dalam halaman yang berisi daftar plugin yang sudah ada di dalam aplikasi Easy Cloud. Teman-teman bisa cari dan scroll ke bawah untuk menemukan plugin impor pesanan pembelian, jika sudah ketemu bisa klik tombol Pasang.

Impor Pesanan Pembelian Easy Cloud 
 - langkah 2

3. Teman-teman akan masuk ke halaman detail dari pluginnya, di sini kita bisa klik tombol Pasang yang berwarna biru.

Impor Pesanan Pembelian Easy Cloud 
 - langkah 3

4. Untuk memastikan bahwa plugin tersebut sudah benar-benar terpasang kita log out terlebih dulu dari Easy Cloud lalu kita log in lagi. Lalu kita lihat di Import Transaksi dan sorot Pembelian, ternyata sudah ada plugin impor pesanan pembelian Easy Cloud yang tadi kita pasang lalu langsung kita klik saja.

Impor Pesanan Pembelian Easy Cloud 
 - langkah 4

5. Teman-teman akan masuk ke menu impornya, kita bisa langsung klik Import Data kemudian kita cari di mana lokasi file Excel yang akan diimpor, jika sudah ketemu kita pilih dengan klik filenya kemudian kita klik Open.

6. Data dari Excel tadi akan muncul ke dalam Easy Cloud seperti gambar di bawah ini, tetapi perlu teman-teman ingat ya bahwa semua data tersebut belum tersimpan. Kita perlu klik memprosesnya dulu dengan cara klik tombol Simpan & Keluar.

7. Setelah itu kita tunggu proses impornya yang sangat cepat dan akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini. Bisa dilihat bahwa semua data dari Excek tadi semuanya berhasil masuk ke Easy Cloud dan tidak ada yang gagal. Jika teman-teman memiliki data yang gagal, bisa digeser ke kiri untuk melihat apa yang gagal untuk kemudian diperbaiki dulu di file Excelnya.

Dengan melakukan langkah mudah di atas proses membuat impor pesanan pembelian Easy Cloud telah selesai. Tidak hanya fitur ini saja yang mudah dibuat, semua fitur dan modul di Easy Cloud pastinya user friendly. Jadi, mudah digunakan oleh semua orang, bahkan yang masih awam dengan akuntansi.

Selalu ikuti update terbaru dari kami dan baca artikel-artikel lain di sini. Ada banyak artikel informatif untuk Anda pengguna software Easy System. Tutorial instal, impor transaksi dari Excel, recurring, dan multi cabang lengkap tersedia dalam situs ini.

Teman-teman juga bisa meminta suatu tutorial kepada kami. Caranya juga sangat mudah, cukup ketikkan request tutorial di kolom komentar. Tim kami akan segera meresponnya dan membuat tutorial tersebut. Jika ingin info lengkap tentang aplikasi ini silakan langsung kunjungi www.easycloud.co.id. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel lainnya.

,

Panduan Lengkap Membuat Pengelompokan Barang Easy Cloud

Halo teman-teman semua, tahukah kamu bahwa di dalam software akuntansi berbasis online terbaru dari Easy System yaitu Easy Cloud terdapat banyak fitur dan fungsi yang dapat memudahkan semua penggunanya. Salah satu fitur yang ada di Easy Cloud adalah grouping atau pengelompokan barang. Di artikel ini kami akan bahas cara membuat pengelompokan barang Easy Cloud yang dilengkapi dengan gambar untuk memudahkan Anda semua.

Seperti biasa, sebelum ke tutorialnya akan kami berikan sedikit penjelasan tentang fungsi dari fitur ini. Fitur grouping ini berfungsi saat pengguna ingin menjual beberapa barang sekaligus di dalam satu paket. Mari langsung kita menuju ke langkah pembuatannya di Easy Cloud.

Tutorial Pengelompokan Barang di Easy Cloud

  1. Langkah paling awal untuk membuat grouping, kita ke menu utama Easy Cloud dulu kemudian kita pilih modul Persediaan setelah itu kita klik tab Pengelompokan Barang seperti pada contoh gambar di bawah ini.
pengelompokan barang easy cloud - langkah 1

2. Oke, kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengisi No Group lalu isi kolom Deskripsi dengan nama yang kita inginkan. Selanjutnya kita isi kolom Satuan, misalnya satuannya adalah Set. Selanjutnya kita pilih barang yang akan dijadikan grouping, maka kita dobel klik di No. Barang.

pengelompokan barang easy cloud - langkah 2

3. Kita pilih barang yang akan dijadikan grouping, misalnya kita pilih Seatpost dan Jok. Maka, kita ceklis kolom di sebelah kiri barang tersebut kemudian kita klik Simpan. Ikuti contoh gambar di bawah ini.

pengelompokan barang easy cloud - langkah 3

4. Barang yang tadi kita pilih akan muncul. Pastikan Anda klik tab Hitung dari Harga Detail Barang agar harga jual dari barang grouping tersebut muncul dan terakhir klik Simpan.

5. Untuk membuktikan bahwa barang grouping tersebut telah tersimpan dan bisa digunakan, pada gambar di bawah ini kami gunakan barang grouping tersebut di transaksi faktur penjualan. Saat memilih Seater set maka otomatis di dalamnya terdapat Seatpost dan Saddle.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda sudah bisa membuat pengelompokan barang Easy Cloud. Selain tutorial pengelompokan barang ini, masih banyak tip dan trik seputar Easy System yang bisa dibaca di situs ini. Mulai dari cara instal, database, hingga impor transaksi dari Excel tersedia lengkap di sini. Jadi, kami sarankan Anda untuk terus membaca situs ini. Sekian dulu tutorial dari kami, sampai bertemu di tutorial selanjutnya.

,

Tutorial Impor Pesanan Penjualan Easy Cloud

Aplikasi akuntansi berbasis online dari Easy System yaitu Easy Cloud terus menambahkan fitur-fitur unggulan. Salah satunya adalah fitur yang telah menjadi andalan di software akuntansi Easy System. Tentu teman-teman semua sudah tahu ya fitur andalan tersebut. Benar sekali jawabannya adalah fitur impor transaksi dari Excel, yang terbaru adalah impor pesanan penjualan Easy Cloud. Bagi teman-teman yang ingin tahu, di dalam fitur ini akan kita pelajari bersama tentang tutorial impor pesanan penjualan Easy Cloud.

Sebelum ke langkah pembuatannya kita bahas sedikit dulu kegunaannya. Jika teman-teman punya banyak data pesanan penjualan di Excel dan ingin dimasukkan ke dalam Easy Cloud? Tenang, sebab ada fitur impor pesanan penjualan dari data Excel tersebut. Jadi akan lebih efektif tidak perlu input satu-satu lagi ke dalam Easy Cloud hanya perlu mengikuti format Excel yang telah disediakan.

Cara Membuat Impor Pesanan Penjualan Easy Cloud

  1. Langkah paling awal adalah memasang plugin dari fitur ini terlebih dahulu, kita klik tab Alat Bantu kemudian pilih Plugin.
impor pesanan penjualan easy cloud - 1

2. Teman-teman akan masuk ke daftar plugin yang dimiliki oleh Easy Cloud, kita cari plugin Import Pesanan Penjualan dengan scroll ke paling bawah kemudian klik Pasang.

impor pesanan penjualan easy cloud - 2

3. Kita akan dibawa masuk ke halaman detail dari impornya, di situ kita klik tombol Pasang.

impor pesanan penjualan easy cloud - 3

4. Kita log out lalu log in lagi dan teman-teman semua bisa lihat dengan klik Impor Transaksi bahwa plugin Impor Pesanan Penjualan.

impor pesanan penjualan easy cloud - 4

5. Klik tab Import Data kemudian kita cari ada di mana lokasi file Excel yang akan dimasukkan, jika sudah ketemu filenya kita klik lalu tekan tombol Open.

6. Akan muncul data-data dari file Excel yang tadi teman-teman pilih, data ini belum tersimpan sepenuhnya di Easy Cloud, ya. Agar data ini dapat tersimpan kita harus klik Simpan & Keluar terlebih dulu.

7. Dalam sekejap akan muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini, bisa dilihat bahwa ada 24 data yang telah sukses dimasukkan ke Easy Cloud dari Excel tanpa ada data yang gagal. Jika ada data yang gagal teman-teman bisa melihatnya dengan menggeser filenya ke kiri dan akan muncul penyebab gagalnya sehingga bisa langsung temen-teman koreksi.

Setelah melakukan langkah-langkah pada tutorial di atas Anda sudah bisa membuat impor pesanan Easy Cloud. Masih banyak artikel dan tutorial seputar software akuntansi yang bisa dibaca di dalam situs ini. Jadi, kami sarankan teman-teman untuk selalu mengikuti situs ini untuk mendapatkan info terbaru seputar Easy Cloud.

Anda juga bisa melihat video tutorial di channel YouTube resmi Easy System. Jangan lupa untuk subscribe channel tersebut agar tidak ketinggalan video-video terbaru. Teman-teman juga bisa meminta video tutorial tertentu seputar Easy Cloud. Caranya mudah, cukup ketikkan request di kolom komentar.

Sebagai penutup, jangan lupa untuk mengunjungi www.easycloud.co.id, di sana terdapat beragam info mengenai aplikasi akuntansi Easy Cloud. Mulai informasi harga, fitur, hingga promosi bisa dibaca di dalam website tersebut. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel dan tutorial lainnya.

,

Tutorial Membuat & Memakai Multi Satuan Easy Cloud

Easy System sebagai salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia konsisten berkomitmen untuk menyediakan pelayanan yang maksimal dan terbaik untuk semua penggunanya. Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan memberikan tutorial-tutorial seluruh produknya baik Easy 6, Easy Mobile, maupun Easy Cloud. Di artikel ini akan diberikan sebuah tutorial mengenai salah satu fitur yang ada di dalam Easy Cloud yaitu cara membuat multi satuan Easy Cloud.

Fitur multi satuan Easy Cloud ini berguna untuk mengatur beberapa satuan untuk sebuah barang termasuk rasionya. Jadi, nanti ketika menggunakan barang tersebut dapat dipilih satuan yang diinginkan dan harganya juga akan otomatis menyesuaikan. Mari langsung saja menuju ke langkah-langkah untuk membuat multi satuan ini.

Langkah Membuat Multi Satuan di Easy Cloud

  1. Langkah pertama untuk membuat multi satuan yaitu kita harus membuat satuan baru terlebih dulu. Caranya klik Modul Utama lalu pilih Persediaan dan kita klik Satuan.

2. Tahap selanjutnya kita akan menuju ke daftar satuan yang kita miliki, caranya klik tab Baru yang ada di bagian bawah untuk membuat satuan baru.

3. Berikutnya kita isi kolom Nama Satuan, sebagai contoh kita tambahkan satuan Meter, setelah itu jangan lupa klik Simpan.

4. Selanjutnya kita atur Satuan beserta rasionya, misalnya dari Milimeter, Centimeter, dan Meter dengan rasio 1, 10, dan 100, kemudian klik Simpan dan Keluar. Teman-teman bisa mengikuti contoh gambar di bawah ini.

5. Multi satuan yang tadi sudah dibuat langsung bisa kita gunakan, missal kita ingin pakai di transaksi faktur penjualan. Saat memilih barang yang tadi kita setting multi satuan, bisa dipilih satuan mana yang kita inginkan. Harganya juga sudah otomatis menyesuaikan karena sudah kita atur rasionya.

Demikianlah cara dan langkah untuk membuat multi satuan Easy Cloud yang dilengkapi dengan petunjuk dan gambar untuk mempermudah Anda semua saat membuatnya. Selain tutorial ini, masih banyak tutorial lain yang bisa dibaca di dalam situs ini. Ada tutorial tentang cut off, job costing, dan import transaksi.

Bagi Anda semua yang belum menggunakan Easy Cloud, bisa langsung mencobanya di www.easycloud.co.id. Silakan langsung daftar dan dapatkan gratis trial selama 30 hari. Sekian dulu artikel dari kami, sampai jumpa di artikel dan tutorial berikutnya.

,

Panduan Lengkap Membuat Proyek Easy Cloud

Hai teman-teman dan seluruh pengguna software akuntansi Easy System, artikel ini akan kami bahas satu buah tutorial yang ada di dalam aplikasi akuntansi Easy Cloud. Tepatnya cara untuk membuat proyek Easy Cloud. Masih seperti artikel sebelumnya, tutorial ini akan dilengkapi dengan petunjuk beserta gambar untuk mempermudah teman-teman semua. Mari langsung saja kita mulai pembahasannya.

Tutorial Proyek di Easy Cloud

  1. Pertama kita buka browser lalu akses ke www.easycloud.co.id kemudian kita lakukan login dengan username dan password yang kita miliki pada kolom yang sudah disediakan. Setelah itu, kita pilih database yang akan digunakan lalu pastikan dulu bahwa kita sudah memiliki atau memasang plugin Departemen dan Projek. Untuk mengeceknya kita bisa klik Alat Bantu lalu klik Plugin di sini lalu kita pastikan Departemen dan Proyek sudah terpasang.
langkah membuat proyek Easy Cloud - 1

2. Langkah berikutnya, kita pastikan juga bahwa fitur proyek tersebut juga sudah diaktifkan. Cara untuk mengecek dan mengetahuinya yaitu klik Preferensi lalu klik Fitur dan pastikan bahwa kita sudah menceklis Proyek, jika sudah kemudian klik Simpan.

langkah membuat proyek Easy Cloud - 2

3. Selanjutnya jika ingin membuat proyek baru bisa klik Master Data kemudian pilih Proyek. Kita klik tab Baru yang ada di bagian bawah dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lalu kita isi kolom-kolom yang dibutuhkan, seperti No. Proyek, Nama Proyek, Nama Kontak, Tanggal, Komplet, dan Deskripsi. Kolom yang wajib diisi adalah No. Proyek dan Nama Proyek. Jika sudah tinggal klik Simpan.

langkah membuat proyek Easy Cloud - 3

4. Untuk pemakaian fitur proyek, kami akan memberi contoh di faktur pembelian seperti gambar di bawah ini. Jadi, untuk transaksi tersebut di kolom barangnya bisa kita isikan Proyek seperti gambar di bawah ini.

5. Untuk melihat laporan proyek tersebut kita bisa klik di Laporan > Semua Laporan > Laporan Proyek, lalu kita cari Laporan Laba Rugi Proyek. Setelah itu kita filter sesuai nama proyeknya, contoh laporan proyeknya akan seperti gambar di bawah ini.

Setelah melakukan semua langkah tersebut teman-teman semua sudah bisa membuat proyek dan transaksi dengan proyek di Easy Cloud. Yang perlu diperhatikan adalah ketelitian saat membuatnya, pastikan semua input dan langkahnya sudah benar. Anda juga bisa melihat versi video dari tutorial ini. Caranya sangat mudah, tinggal buka YouTube dan cari channel Easy Accounting System.